Februari 26, 2014

Cara Transfer Domain Ke Registrar Baru

Cara Transfer Domain Ke Registrar Baru - Cara transfer domain ini ditujukan untuk sobat blogger yang mempunyai problem dengan domain managemen. Terkadang kita merasa repot jika kita mempunyai banyak domain pada registrar yang berbeda - beda. Kita harus login sana - sini untuk mengatur settingan bahkan dalam pembayaran biaya tahunan. Pada artikel - artikel sebelumnya pernah saya membahas bagaimana mendapatkan domain gratis dari intuit, yang pada akhirnya domain shiverian.com milik saya tersuspend. Hal tersebut dikarenakan kelalaian saya pada masalah transfer domain. Domain gratis yang telah saya dapatkan dari intuit tersebut lupa saya transfer, sehingga domain itupun harus saya relakan walaupun valuenya sangat tinggi. Nah bagi sobat blogger yang telah mendapatkan domain gratis seperti itu sebaiknya segera lakukan transfer domain.

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara transfer domain secara benar. Cara tranfer domain ini sebenarnya sudah banyak tutorialnya ketika sobat blogger seaching melalui google, akan tetapi disini saya akan membahasnya secara detail sehingga sobat blogger dapat memahaminya dengan mudah.

Cara Transfer Domain

Apa itu domain?

Domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. - silahkan baca artikel Apa itu domain?

Apa itu transfer domain?

Transfer domain adalah sebuah proses pemindahan registrar domain. Pemilik domain tetaplah sama, yang berpindah hanya registrarnya saja. Registrar adalah tempat pendaftaran domain, dapat berupa webhosting, registrar atau reseller registrar. Contoh nya bila Anda ingin pindah domain dari tempat hosting lain ke Registrar lokal. Atau dari Registrar lokal ke sebuah registrar luar seperti godaddy, karena ingin memanage dan membayar sendiri perpanjangan domain tersebut dengan kartu kredit Anda misalnya. Transfer domain disini tidak mengikut sertakan semua data hosting sebelumnya, yang berpindah hanya registrant domain saja bukan data.

Kenapa Melakukan Transfer Domain ke Registrar Baru?

Banyak alasan untuk melakukan transfer domain, biasanya transfer domain ini dilakukan untuk mempermudah pengelolaan domain. Mungkin jika sobat hanya mempunyai satu atau 2 domain dengan registrar pengelolaan domain tidak akan merepotkan anda. Bagaimana jika sobat memiliki puluhan domain?sudah dipastikan sangat merepotkan jika harus mengelolanya dengan menggunakan registrar yang berbeda - beda. Alasan kedua, sudah saya sebutkan diatas. Domain gratisan biasanya hanya gratis di tahun pertama atau bahkan dalam hitungan bulan, jangan tertipu dengan registrar yang menawarkan domain gratis seumur hidup dengan harga yang tidak logis. Dan setelah masa gratis habis, biaya perawatan domain bisa lebih dari 2x lipat dari harga standar, oleh karena itu domain sebaiknya di transfer untuk melakukan netralisir biaya.

Persyaratan Transfer Domain ke Registrar Baru?

  • Pesyaratan berdasarkan ICANN domain harus berumur diatas 60 hari, akan tetapi persyaratan ini tidak mutlak, beberapa registrar mempunyai syarat sendiri agar domain dapat di transfer ke ragistrar lain.
  • Domain tidak pada masa expired.
  • Domain di transfer 7 hari atau 14 hari sebelum masa expired. (lebih lama dari masa expired lebih bagus)
  • Beberapa domain tidak dapat ditransfer. (tanyakan ke registrar yang bersangkutan)

Berapa Biaya Transfer Domain ke Registrar Baru?

Biaya transfer domain sebenarnya gratis, hanya saja ketika anda melakukan proses transfer domain, anda diharuskan untuk memperpanjang domain. Biaya ini tergantung dari registrar dimana anda akan mentransfer domain tersebut. Biasanya tidak lebih dari $10 atau IDR100.000 untuk perpanjangan selama 1 tahun. Masa aktif domain setelah di tansfer adalah, masa aktif domain di registrar lama ditambah masa aktif pada registrar baru.

Proses Transfer Domain ke Registrar Baru?

Proses transfer domain biasanya memakan waktu yang lama, biasanya membutuhkan waktu 5 sampai 7 hari kerja. Proses transfer ini tidak akan mempengaruhi kinerja website jika dilakukan dengan benar. Transfer Domain ke registrar lain ini sebenarnya sangatlah mudah, ikuti petunjuk dibawah ini langkah - langkahnya.

1. Siapkan dana untuk proses transfer.

2. Siapkan Registrar baru atau registrar yang ingin anda gunakan untuk tranfer domain yang berada pada registrar lain. Artinya sobat harus punya registrar tujuan dulu, usahakan registrar terpercaya dengan sertifikat ICANN (diakhir artikel saya rekomendasikan beberapa registrar terpercaya dengan sertifikat ICANN).

3. Silahkan ke registrar baru lalu login. jika kalian sudah mempunyai account pada registrar baru.

4. Pilih transfer domain pada website registrar baru tersebut.

5. Isi form pengajuan transfer domain. Biasanya akan diminta untuk submit kode EPP/ Security Code/ Authorization Code.

6. Silahkan Masuk atau login ke registrar lama dimana domain yang akan di transfer tersebut berada.

7. Cari menu manage domain / kelola domain / setting domain, dan Edit Domain Locking ke posisi unlock. agar domain dapat di transfer. Status domain bisa sobat lihat di who.is, lihat status domain. apakah domain siap di transfer atau masih pada posisi lock / clientTransferProhibited.


Cara Transfer Domain
contoh domain dikunci / lock / clientTransferProhibited

Contoh domain dengan status LOCK:
Domain Name: devilzart.com
Status: clientTransferProhibited

Contoh domain dengan status Unlock (siap transfer):
Domain Name: devilzart.com
Status: OK

8. Minta EPP/ Security Code/ Authorization Code ke registrar anda yang sekarang. Menu ini biasanya ada pada bagian yang sama untuk unlock domain.

9. Menu mungkin berbeda2 pada setiap registrar. dibawah ini adalah beberapa contoh gambar untuk mempermudah sobat dalam pengaturan.

Cara Transfer Domain
setting unlock dan request EPP di Godaddy

Cara Transfer Domain
setting unlock dan request EPP di Idwebhost

Cara Transfer Domain
setting unlock dan request EPP di Homestead

10. Selanjutnya silahkan masuk ke email yang sobat gunakan untuk mendaftar pada registrar tersebut. Pastikan sobat mendapatkan email masuk berupa EPP/ Security Code/ Authorization Code dari registrar tersebut. biasanya kode berupa huruf, simbol, dan angka. contoh : 48#$kD (kode ini adalah kode otorisasi tranfer dari pemegang domain saat ini, selanjutnya di serahkan ke registrar baru yang akan digunakan untuk proses transfer).

11. Kembali ke form transfer domain pada registrar baru. Masukan EPP/ Security Code/ Authorization Code yang anda terima dari registrar lama melalui email.

12. Silahkan melakukan pembayaran pada registrar baru.

13. Kembali ke email anda, anda akan mendapatkan email otorisasi berupa link hidup dari registrar lama yang berfungsi untuk menyetujui proses transfer atau tidak menyetujuinya. Pilih setuju jika sobat benar - benar ingin mentransfer domain tersebut.

14. Setelah semua selesai silahkan tunggu proses transfer. Tanyakan ke costumer service pada kedua registrar jika ada kendala dalam proses transfer.


Untuk pertanyaan seputar transfer domain silahkan tanyakan pada kotak komentar atau tanyakan langsung kepada costumer service yang bersangkutan. Untuk memilih registrar yang recomended silahkan menuju ke artikel selanjutnya "Best Domain Registrar 2014"

8 comments » Cara Transfer Domain Ke Registrar Baru

Akhirnya ketemu blog nya bang setelah Shiverian suspend :D
Domain yang berhasil didapet dari intuit kemarin mau coba transfer. Sekalian ternyata artikel berkaitan. Bookmark dulu sambil nunggu uang turun hehe.

Mampir duluu ya. Nice article.

Balas

iya gan, shiverian suspend sebelum sempat saya transfer. jika agan masih punya domain di intuit segera transfer sebelum terlambat. kebijakan intuit selalu berubah setiap waktu.

Balas

Rekomendasi registarnya mana bang. Terus itu untuk proses transfernya harus kita yang ngerjain sendiri ya? Proses transfer harus umur 6 bulan atau bisa sekarang ini bang? Domain saya dapet dari intuit Desember 2013.

Balas

gan... client ane ada yang pake godaddy nih, trus dia mau tranfer domainnya ke tempat lain, ane mau tanya gan apa bisa ya dan agan kira2 tau ga berapa biayanya? Ane ga pernah beli domain di godaddy soalnya hehehe :D

mohon dibalas ya gan.. terimakasih banyak sebelumnya gan

Balas

sangat bisa sob. biayanya sama seperti memesan domain baru. macam2 gan.

Balas

apa transfer domain punya efek samping?

Balas

pasti mba' karena domain baru = backlink baru, tapi dari pengalaman saya menggunakan blogspot bisa pulih lagi. Mungkin karena kita redirect. dari alamat lama ke alamat baru. maaf mba pikiran lagi ngeblank ini gak bisa menjelaskan secara deteils.

Balas

ingin menjual domain yg baru saya beli (belum 60 hari) dimana yg bisa?

Balas

Mohon maaf komentar pada blog ini kami moderasi dan tidak akan langsung ditampilkan. Silahkan berikan komentar sesuai judul dan isi artikel. Komentar yang mengandung link aktif / live link, iklan, pornografi, dan semacamnya akan dihapus atau kami masukan pada kategori SPAM.

Catatan :
1. Untuk menyisipkan kode gunakan  <i rel="code">kode yang akan disisipkan</i>
2. Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre">kode yang akan disisipkan</i>
3. Untuk menyisipkan quote gunakan <b rel="quote">catatan anda</b>
4. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">URL gambar</i>
5. Untuk menyisipkan video gunakan <i rel="youtube">URL Video youtube</i>

Keterangan :
Gunakan HTML konverter sebelum menyisipkan kode.
Contoh link image : http://blablabla.com/image.jpg.

Profile yang mengandung broken link akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
Konversi Kode

Top