September 13, 2013

Menghitung IPK dengan Excel

Perlu ketelitian dan keseriusan dalam menghitung IPK dengan formula Microsoft Excel. Tutorial Menghitung IPK dengan Excel ini saya buat khusus untuk mahasiswa yang masih bingung dalam menghitung IPK. Tutorial ini saya dapatkan ketika saya mengalami permasalahan yang rumit di masa kuliah saya. Semoga Tutorial ini dapat bermanfaat untuk para mahasiswa  cara menghitung dan memprediksi IPK dengan Microsof Excel ini sangat mudah.

Berikut adalah Tutorial Menghitung IPK dengan  Excel :

1. Siapkan cell A1 sampai dengan  E1, lalu ketik pada cell-cell yang tersedia dengan data sebagai berikut :



    A1="Nama Matakuliah"
    B1="SKS"
    C1="Nilai"
    D1="Bobot Nila/Berat Nilai"
    E1="Jumlah Nilai"

2. Masukan data dan nilai matakuliah anda sesuai dengan kolom yang anda buat pada Tutorial no.1

3. Kalo dah selesai  lalu klik 2 kali di cell D2, ketik dengan formula IF sebagai berikut :  


=IF(C2="A",4,IF(C2="A-",3.75,IF(C2="A/B",3.5,IF(C2="B+",3.25,IF(C2="B",3,IF(C2="B-",2.75,IF(C2="B/C",2.5,IF(C2="C+",2.25,IF(C2="C",2,IF(C2="C-",1.75,IF(C2="C/D",1.5,IF(C2="D+",1.25,IF(C2="D",1,0))))))))))))) 

Pada fungsi IF ini adalah jika nilai matakuliahnya A berarti Bobotnya "4", A- berarti "4.75, dst.

4. Copy-paste formula tersebut kebawah hingga cell matakuliah terakhir yang diinginkan, cara cepat untuk copy-paste silahkan geser pointer di sudut kiri bawah cell, kemudian tekan tombol kiri pada mouse, setelah itu drag mouse sampai ke seluruh cell yang di inginkan.

5. Setelah Tutorial no 4 selesai, klik cell E2 atau dibawah kolom "jumlah nilai", tulis formula untuk cell jumlah nilai di Microsoft Excel, berikut fungsi/formulanya :   = B2*D2
penjelasan fungsi tersebut adalah SKS dikali dengan berat nilai sama dengan "jumlah nilai".
jika sudah copy-paste kebawah lagi sampai data matakuliah terakhir...(cara copasnya seperti Tutorial no.4) jika sobat sudah mengikuti tutorial diatas hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Panduan Menghitung IPK
Tutorial menghitung IPK dengan Formula Microsoft Excel

Diatas adalah hasil menghitung IPK dengan Microsoft. Dari gambar diatas tersebut saya berikan tanda kotak biru dengan angka 1 sampai dengan 3 agar lebih memudahkan dimana sobat meletakan fungsi-fungsi pada tutorial diatas. Sampai disini saya harap sobat blogger sudah paham.

6. Masih pada Tutorial Menghitung IPK dengan Microsoft Excel. Sekarang tinggal cara membuat kolom untuk menghitung IPK-nya, perhatikan gambar di bawah ini.

Panduan Menghitung IPK
Tutorial menghitung IPK dengan Formula Microsoft Excel

8. Buat kolom seperti gambar diatas. Kolom 1 adalah kolom untuk menghitung SKS komulatif. Dibawah kolom jumlah sks masukan fungsi/formula =SUM(B2:B250). B2 dan B250 adalah kolom sks pertama dan kolom sks terakhir.

7. Pada Tutorial Menghitung IPK dengan Microsoft Excel ini, Silahkan dibuat kolom "Jumlah Nilai"  seperti gambar di atas yang ditandai dengan kotak biru no 2, dibawahnya ketik =SUM(E2:E250), E2 adalah kolom nilai awal dan E250 adalah kolom nilai akhir.

8. Pada poin ini, silahkan  dibuat kolom IPK seperti gambar diatas, isi dengan fungsi/formula =G46/G43, G46 adalah jumlah nilai dan G43 adalah Jumlah SKS, hasil dari pembagian tersebut akan menunjukan IPK sobat.


catatan : 
Tutorial ini hanya suport pada Microsoft EXCEL 2007 keatas.
Tutorial Microsoft Excel 2007 ini dapat Copy demi kemajuan Mahasiswa indonesia. 

source

6 comments » Menghitung IPK dengan Excel

TERIMA KASIH BANYAK, SANGAT MEMBANTU............BOSSSSS.............

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

terkadang format excel berbeda2. kadang untuk penulisan angka harus diapit tanda ( " " ). ini dikarenakan settingan pada format cell. seperti ketika anda mengetikan angka 0 saja. pasti di cell tidak keluar angka tersebut, akan tetapi jika mengetikan dengan menambahkan tanda ( ' ). pasti angka tersebut di tampilkan.

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

yup sama2 sob. semoga bermanfaat.

Balas

Mohon maaf komentar pada blog ini kami moderasi dan tidak akan langsung ditampilkan. Silahkan berikan komentar sesuai judul dan isi artikel. Komentar yang mengandung link aktif / live link, iklan, pornografi, dan semacamnya akan dihapus atau kami masukan pada kategori SPAM.

Catatan :
1. Untuk menyisipkan kode gunakan  <i rel="code">kode yang akan disisipkan</i>
2. Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre">kode yang akan disisipkan</i>
3. Untuk menyisipkan quote gunakan <b rel="quote">catatan anda</b>
4. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">URL gambar</i>
5. Untuk menyisipkan video gunakan <i rel="youtube">URL Video youtube</i>

Keterangan :
Gunakan HTML konverter sebelum menyisipkan kode.
Contoh link image : http://blablabla.com/image.jpg.

Profile yang mengandung broken link akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
Konversi Kode

Top